Riba dalam Perniagaan yang Sepele


Assalamualaikum :)
Saya rasa ini akan sangat berguna untuk kita. Postingan kali ini tentang riba. Dan saya baru tau hal ini ternyata termasuk riba. Saya khawatir masih banyak yang tidak tau tentang hal ini. Sepele, tapi bahaya jika dilakukan. Kenapa? Karena Allah SWT melarang praktek riba. Beberapa ayat dalam Al-Qur'an yang melarang praktek riba: QS. 30: 39, QS. 4: 161, QS. 3: 130-132 dan QS. 2: 275-281.
Hal sangat penting yang saya maksud tadi adalah sebuah kisah dari buku “Keajaiban TEKNIK SELLING Rasulullah” halaman 11 karangan Freddy Rangkuti:

Ketika Bilal membawakan sedikit kurma yang berkualitas terbaik, maka Nabi menanyakan asal kurma tersebut. Oleh Bilal dijawab: “Saya memiliki kurma yang berkualitas rendah, kemudian saya barter dua sa's dengan satu sa's kurma yang berkualitas baik”. Nabi berkata: “Oh, itu benar-benar riba, benar-benar riba. Jangan kau lakukan itu, tetapi jika engkau ingin membeli maka jual dulu kurma itu dalam transaksi yang terpisah, kemudian belilah dengan uang hasil penjualan itu. (HR. Buchari dan Muslim)

Semoga kita lebih berhati-hati dalam perniagaan sehari-hari yaa. Dan semangat si semester baru (buat yang mahasiswa) ^^

Probolinggo
24 Rabi'ul Awal 1434 H

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^