Bahan Evaluasi Liqa' : Sudahkah Kita Tarbiyah?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Assalamu'alaikum :)
Kali ini saya akan mencoba untuk meresensi buku berjudul “Sudahkah Kita Tarbiyah?”. Penulis bernama Eko Novianto. Seorang ikhwan yang bercita-cita menjadi orang biasa ini lahir di kota Bondowoso 44 tahun yang lalu. Buku ini diterbitkan oleh Era Intermedia pada tahun 2010. Alhamdulillah buku ini tidak terlalu tebal sehingga cocok untuk yang malas baca buku seperti saya :p


Secara keseluruhan, buku ini mencoba menjawab pertanyaan dari penulisnya, ”Sudahkah Kita Tarbiyah?”. 22 bab dalam buku ini akan memberikan jawaban kepada kita Tentang Sebuah Tanya, “Sudahkah Kita Tarbiyah?”. Dalam bab pertama, penulis mencoba untuk memberi jawaban atas pertanyaan yang sekaligus menjadi judul dari buku ini. Ciri-ciri seseorang yang telah tertarbiyah seperti terbuka terhadap perubahan, mampu bersikap tegas dan menghindarkan diri dari sikap agresif dan lain sebagainya dijelaskan dalam bab ini. Sedangkan pada bab-bab selanjutnya, penulis mencoba untuk menguraikan tantangan-tantangan yang akan dihadapi oleh seorang da'i, cara mewaspadai futur, cara mentoleransi kesalahan para kader dakwah, menghadapi perbedaan yang sudah menjadi keniscayaan dalam sebuah organisasi dakwah, pentingnya menjadi penyimak yang efektif, mengendalikan individualisme, menjadi murabbi sekaligus qadi bagi mutarabbinya, beberapa puisi tentang kondisi 'kita' saat ini, tentang optimisme, kebutuhan akan seorang pemimpin yang karismatik, kemampuan analisa isu agar tidak terjadi perpecahan umat, dan terakhir tentang perubahan yang memerlukan kesederhanaan.
Kalimat yang dirangkai oleh penulis tergolong ringan sehingga tidak terlalu sulit untuk dicerna oleh pembaca—seperti saya. Sayangnya ada beberapa kata dalam bahasa Arab yang mungkin asing bagi sebagian orang. Memang beberapa kata dalam bahasa Arab tersebut disertai dengan pengertian, tetapi tidak sedikit yang dibiarkan begitu saja tanpa penjelasan. Akan sulit bagi pembaca yang tidak terbiasa dengan bahasa Arab untuk mengerti maksud dari penulis dalam beberapa kalimat. Memang ada murabbi yang bisa menjelaskan arti beberapa kata tersebut, tapi bagaimana dengan yang belum punya murabbi?
Buku ini penting bagi kita yang sedang menjadi mutarabbi sekaligus murabbi. Penting bagi evaluasi diri kita sehingga bisa menentukan langkah selanjutnya agar tidak ada kesia-siaan dalam liqa' pekanan kita.
Buku ini tergolong sulit dicari mungkin karena cetakan lama atau penulis yang belum dikenal banyak pembaca. Di beberapa toko buku di Surabaya tidak tersedia. Saya mendapatkan buku ini dari Toko Buku Hanan. Bagi yang ingin memiliki buku ini, coba deh kontak toko buku online tersebut.
Semoga bermanfaat dan selamat sore :)

Probolinggo

29 Syawal 1434 H

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^