Menggunakan Keegoisan

http://hdwallsource.com/

Secara umum, ada dua macam manusia di dunia ini. Yang pertama adalah manusia yang baik perkataan dan perbuatannya. Yang kedua adalah manusia yang tidak baik dalam kedua hal. Meski sangat berlawanan, keduanya mempunyai sifat yang sama. Salah satunya adalah egois. Perbedaannya bukan terletak pada kadarnya, tapi pada cara mereka menggunakan keegoisan tersebut dalam kesehariannya. Pertama kita harus menyamakan definisi dari kata ‘egois’. Disini saya mengartikan ‘egois’ sebagai usaha seseorang dalam mendapatkan kebaikan untuk dirinya sendiri. Segala bentuk kegiatan yang ia lakukan ditujukan untuk kebaikannya sendiri.
Manusia jenis pertama menggunakan keegoisannya untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Mereka percaya dan mengamalkan satu prinsip yang sudah diketahui oleh banyak orang, yaitu “Jika kamu berbuat baik pada seseorang, maka akan ada orang yang berbuat baik padamu.” Kalimat yang cukup sederhana tetapi tak banyak orang dapat melakukannya. Manusia jenis pertama ini paham betul akan kalimat tersebut. Mereka percaya bahwa semua kebaikan yang mereka lakukan kepada orang lain akan kembali kepada diri mereka sendiri dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli pun sudah membuktikan hal itu. Dengan kata lain, mereka melakukan kebaikan untuk diri-sendiri.
Manusia jenis kedua kurang pandai dalam memanfaatkan keegoisan mereka. Bukan untuk mendapatkan keuntungan malah sebaliknya. Mereka tidak percaya pada kalimat yang merupakan prinsip manusia jenis pertama. Mereka benar-benar melakukan segala sesuatu untuk diri-sendiri, tidak pernah atau jarang sekali berbuat baik kepada orang lain. Karena menurut mereka jika memberikan sesuatu maka sesuatu itu akan hilang darinya dan berpindah pada orang lain. Tidak akan pernah kembali dalam bentuk apapun sehingga yang mereka miliki akan berkurang. Dan terus berkurang jika mereka tetap memberikannya pada orang lain hingga pada akhirnya mereka tidak memiliki apa-apa. Wajar saja jika mereka enggan untuk berbagi dengan sesamanya.
Kedua jenis manusia di atas akan memberikan dampak yang berbeda bagi kehidupan. Manusia jenis pertama jelas akan memberikan dampak yang baik karena tidak hanya dia yang akan menerima kebaikan, tetapi juga orang lain. Manusia jenis kedua sebaliknya, bukan hanya dia yang akan tidak akan menerima kebaikan tetapi juga orang lain. Sudah sangat jelas perbedaan antara keduanya, kita tinggal memilih ingin menjadi manusia jenis pertama atau kedua. Semoga tidak salah pilih J


Surabaya, 12.01.2015 | @dyahokta_via

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^