Tidak Terbiasa Menolong Orang Lain


Assalamu'alaikum :)
Alkisah ada seorang gadis yang tidak terbiasa menolong orang lain. Saya tidak tau namanya. Saya juga tidak tau asalnya dan hidup di jaman kapan. Pokoknya dia seorang gadis. Mungkin masih berumur 19-20 tahun. Masih muda dan sedang mendalami ilmu di sebuah lembaga di negaranya. Saya tidak tau dia tinggal di negara mana. Saya memang tidak tau banyak hal dari gadis ini. Saya hanya tau bahwa dia adalah seorang gadis dan kisahnya.

www.pernikilmu.com

Gadis ini sedang belajar untuk hidup yang lebih baik. Sedang berusaha mendalami agamanya dengan baik. Dan tiba-tiba dia berkenalan dengan seseorang yang membutuhkan bantuannya. Karena si gadis ini tidak terbiasa menolong orang lain, maka yang terlintas di benaknya pertama kali adalah prasangka negatif. “Jangan-jangan orang ini berkenalan denganku hanya ingin meminta bantuan kepadaku.” “Astaghfirullaah...” dia langsung beristighfar karena firasat buruknya itu. Dia mencoba untuk berpikir positif. Bahwa orang yang baru dikenalnya itu memang butuh bantuan. Orang yang baru dikenalnya itu ikhlas berkenalan dengannya, bukan semata-mata agar mendapatkan tempat baru untuk meminta bantuan. Bahwa Allah SWT telah mengirim orang yang baru dikenalnya itu sebagai ladang amalnya.

“…Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya.” (Al Maidah: 2)

Dari gadis ini saya mendapatkan pelajaran berharga. Usahakan agar kita sering menolong orang lain. Jika tidak terbiasa, maka yang dialami oleh gadis ini mungkin akan kita alami juga. Semoga ikhlas bisa selalu menjadi teman karib hati kita agar ketenangan dan ketentraman juga selalu berada di dalamnya. Aamiin. :)

Surabaya
2 Rajab 1434 H

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^