An Important Thing Called "Ngabuburit"

Bicara tentang ngabuburit, tidak akan lepas dari bulan Ramadhan dan berbuka puasa. Karena kata yang berasal dari bahasa Sunda ini memiliki arti menghabiskan waktu sore menjelang berbuka puasa dibulan Ramadhan. Hampir semua orang sudah tau istilah ini.
Waktu sore hari dibulan Ramadhan menjadi spesial karena waktu berbukan puasa hampir tiba. Buka karena sudah sangat lapar, tapi tentang keberhasilan kita dalam melaksanakan ibadah puasa wajib dan memaksimalkan ibadah lain dibulan yang penuh pahala dan ampunan ini.
Ngabuburit is an important jika diisi diisi dengan ibadah. Dan banyak sekali pilihan ibadah yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Diantaranya:
1. Menghafal Al-Qur'an
Banyak muslim yang belum sadar betapa pentingnya menghafal Al-Qur'an. "Kan sudah ada mushaf, lalu untuk apa dihafalkan?" Alhamdulillah, sekarang masih ada mushaf. Tapi, kalau nanti--entah kapan--pabriknya tutup atau ada yang bermaksud mengubah isi Al-Qur'an bagaimana? Hafidz dan Hafidzah-lah yang bisa 'menyelamatkan' keaslian isi Al-Qur'an. Hal ini tidak mustahil terjadi. Sudah banyak usaha-usaha yang dilakukan oleh musuh Islam untuk menghancurkan Islam. Bisa saja--salah satunya--dengan mengubah isi kitab pedoman hidup umat muslim ini. Selain menjadi 'pahlawan penyelamat' Al-Qur'an, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menghafal Al-Qur'an. Apa saja? Ask google first 
2. Tadarus atau Tilawah
Jika dirasa cukup hafalannya, waktu sore hari yang sejuk ini bisa diisi dengan tadarus atau tilawah. Apa bedanya? Tadarus hanya bisa dilakukan minimal oleh dua orang. Disebut tadarus karena ada yang membaca dan menyaksikan. Jika tidak ada yang menyaksikan, namanya tilawah.
3. Membantu Ibu Memasak
Penting nih buat anak rantau yang sedang pulang kampung. Manfaatnya banyak, selain belajar memasak, juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa kangen kepada ibu, menghangatkan kembali ikatan ibu anak yang mungkin sempat dingin karena terpisah oleh jarak dan berbakti kepada orang tua. Wow! Pahalanya banyak tuh.
4. Membaca Buku
Tidak perlu dipertanyakan lagi manfaat dari aktivitas yang satu ini. Silahkan baca buku apa saja yang kalian suka. Tapi, akan lebih baik jika kita membaca buku yang diperlukan, bukan hanya yang disukai saja.
5. NgaBLOGburit
Nah... Ini nih! Selain berpahala, juga bisa jadi pekerjaan sampingan. Hehe. Terima kasih banyak kepada BLOGDETIK yang telah menyelenggarakan acara ini. Bermanfaat sekali untuk yang suka menulis. Sukses terus untuk BLOGDETIK 
6. Jalan-jalan
Untuk anak rantah yang sudah rindu dengan lingkungan sekitar di kampung halaman, menyusuri jalan sambil bernostalgia bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu sore ini. Tapi, harus tetap dijaga ya niat dan pandangannya. Jangan sampai mengurangi pahala atau bahkan membatalkan puasa kita. Sayang lho, bulan Ramadhan cuma sekali setahun. Meski jalan-jalan, harus tetap bernilai ibadah ya!
Selain enam ibadah di atas, masih banyak ibadah lain yang bisa membuat kantong pahala kita penuh dan mengurangi isi kantong dosa kita. Apalagi memang? Kreatif dong! 
Selamat ngabuburit!

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^