Si Arab Tua

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Seorang Arab tua tinggal sendiri di sebuah tenda dekat oase. Setiap hari ia bertanya-tanya, “Apa sih gunanya aku hidup? Kenapa aku ditakdirkan hidup disini? Setiap hari hanya pasiiir saja yang bisa kulihat.” Sampai akhir hidupnya, si Arab tua ini tidak juga menemukan jawaban atas pertanyaannya. Mayatnya tergeletak begitu saja di dekat oase, tidak ada satupun orang yang tau keberadaannya.
Suatu hari ada segerombolan kafilah dagang yang berniat untuk beristirahat di oase tersebut. Hingga akhirnya mereka menyadari ada mayat disana. Tapi, anehnya tidak ada yang peduli terhadap mayat tersebut kecuali satu orang saja. Ia mengurus mayat ini hingga tertinggal oleh teman-temannya. Karena hari sudah senja, ia memutuskan untuk berangkat esok hari saja.
Ternyata, semua orang dalam rombongan kafilah tersebut terbunuh oleh orang Arab Badui. Tidak ada satu orang pun yang tersisa. Kecuali—tentu saja—pemuda yang tertinggal di oase. Ia selamat. Dari pemuda tersebut lahirlah lima orang yang kemudian mendapat julukan Al-Amin. Keren ~

Dapat ibrahnya?
Seorang Arab tua yang merasa dirinya tidak berguna hidup di dunia ini, ternyata punya peran yang besar. Dia yang merasa hanya seseorang yang hanya bisa melihat pasir sepanjang hari, ternyata ikut andil atas lahirnya lima orang hebat yang kemudian dijuluki Al-Amin tersebut di atas. Pertanyaannya terjawab.
Kita adalah salah satu entitas dari suatu sistem besar (supersistem) dunia yang diciptakan oleh Allah SWT. Pastilah Allah mempunyai tujuan yang jelas dan semua itu sudah diatur agar menghasilkan luaran yang optimal (sesuai dengan kehendak pencipta).

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? (Al Mukminun:115).

Seandainya si Arab tua tidak diciptakan, maka mungkin kelima orang yang berjuluk Al-Amin tersebut tidak akan pernah ada. Karena tidak ada mayat yang menghentikan perjalanan si pemuda sehingga mungkin ia juga akan mati terbunuh oleh orang Arab Badui.
Seandainya kita tidak diciptakan, mungkin saja subsistem atau bahkan supersistem dunia akan rusak atau tidak menghasilkan luaran yang optimal. Tentu saja hanya entitas yang 'berperilaku' sesuai dengan tujuan diciptakannya saja yang bisa memberikan pengaruh positif terhadap supersistem tersebut.

Dengan adanya fakta ini, kita bisa lebih tenang. Karena perasaan kita tentang hidup yang seakan tidak berguna ini ternyata salah. Setiap diri kita mempunyai andil terhadap supersistem yang kompleks ini dan tidak bisa digantikan oleh sesuatu yang lain karena hasilnya tidak akan optimal. Begitulah :)


0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^