Mau Seperti Mereka

Bersama legiun muslimin, Uqbah bin Nafi al-Fihri sebagai panglima perang bermaksud untuk mendirikan Ibukota Islam di al-Ifriqiyah. Suatu tempat berupa semak belukar di daerah pedalaman gurun pasir menjadi pilihan karena tidak mudah dicapai oleh kapal-kapal dan pasukan perang Romawi.
Namun tempat itu ternyata penuh dengan binatang buas seperti singa dan binatang gurun yang berbisa. Hal ini meyebabkan sebagian kaum muslimin menyatakan protes karena dianggap dapat membahayakan keselamatan mereka.
Mengetahui hal itu, panglima perang Uqbah bin Nafi mengumpulkan sahabat Rasul yang tergabung dalam pasukan tersebut. Didapatlah sebanyak 12 Sahabat Rasul, lalu mereka berseru, “Hai kalian singa dan binatang pengganggu, kami adalah Sahabat Nabinya Allah, karena itu maka tinggalkanlah kami! Dan jika kami menemukan siapa pun dari kalian disini, maka kami akan membunuhnya!”
Luar biasa! Gerombolan singa, srigala dan ular-ular membawa anak-anaknya dari tempat tersebut. Binatang-binatang ini bersama kelompoknya mengamankan kawanannya masing-masing ke daerah lain. Banyak orang Berber yang masuk Islam karena peristiwa ini.
Akhirnya, dibangunlah sebuah kota baru sebagai Ibukota al-Ifriqiyah yang diberi nama Qairawan dengan fasilitas yang cukup memadai. Kota ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, benteng pertahanan dan pangkalan perang untuk menghadapi gempuran musuh yang sewaktu-waktu bisa saja menyerang.

Mau seperti mereka para Sahabat Nabi itu? :)


Probolinggo
20 Ramadhan 1434 H

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^