Rahasia Sukses TOEFL, 5 Easy Tips to Boost Your Score!


Assalamualaikum J
Jujur saja, kali ini saya bingung mau nulis tentang apa. Saya percaya setiap detik selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Tapi, tidak tau yaa, kok rasanya hari ini tidak menemukan pelajaran apa pun. Hemf…
Baiklah… saya memutuskan untuk (lagi-lagi) comot artikel dari media. Korbannya kali ini adalah Majalah CAMPUS LIFE. Sudah ada yang punya salah satu edisinya atau sekedar baca (atau sekedar tau covernya)? Saya sudah punya dan saya dapatkan dengan gratis :D (Kemaren ikutan acaranya, jadinya gratis deh. Tapi edisi lama hahaha)
Okee. Artikel ini judulnya “Rahasia Sukses TOEFL, 5 Easy Tips to Boost Your Score!”. Langsung saja kita bahas satu per satu tipsnya yaa. Jangan lupa dipraktekkan juga. okee yaa.

Artikel di Majalah CAMPUS LIFE

1.     Membiasakan diri dengan format test TOEFL
Tips pertama ini untuk berguna untuk mengurangi beban psikologis. Biasanya orang stress karena tidak tau soal yang muncul akan seperti apa. Untuk mengurangi stress, tips ini bisa dicoba.
2.     Kenal konteks dan bentuk kata
Tips yang kedua ini berkaitan dengan strategi untuk menghadapi test TOEFL. Misal untuk ujian listening kita harusnya mencari persamaan arti bukan bunyi. Contohnya: yang kita dengar adalah kalimat “didn’t come to the class” bisa jadi yang ada di soal adalah “absent”
Contoh lain pada bagian kosa kata, kita bisa menemukan jawaban dengan mengenali bentuk, letak,dan konteks kata.
Misal:
1.           Kata berawalan “sur-“ punya arti yang sama dengan kata berawalan “out-“ atau “ex-“ yang semuanya berarti “lebih”
Contoh : “Outspread” sama dengan “Extend”
2.           Kata berawalan “sub-“ punya arti yang sama dengan kata berawalan “under-“
Contoh : “Subterranean” sama dengan “Underground”
3.     Mempelajari bahasa Inggris untuk kepentingan akademik
Berbeda dengan TOEIC yang mengukur pemahaman terhadap bahasa Inggris untuk keperluan bisnis, TOEFL lebih mengukur kemampuan untuk memahami bahasa Inggris yang biasa dipakai di dunia akademis. Karena itu, lebih baik membaca textbook, ensiklopedia, jurnal atau artikel riset daripada bahasa iklan atau kontrak. Biasakan juga menonton film berbahasa Inggris untuk memahami pop culture mereka.
4.     Memanfaatkan soal-soal test untuk latihan
Latihan! Intinya itu yang harus dilakukan. Jangan bergantung pada satu buku saja. Usahakan membaca banyak buku dan banyak latihan.
5.     Mencari teman belajar yang pernah mengambil test TOEFL
Teman belajar yang sudah berpengalaman test TOEFL akan sangat membantu. Selain bisa memberikan support, teman belajar akan sangat bermanfaat karena bisa memberikan strategi untuk mendapatkan nilai yang baik dalam test TOEFL. Atau juga bisa untuk “sarana” yang tepat untuk mencari informasi tentang tempat kursus yang tidak menguras kantong tapi pelayanan bagus dan memuaskan. Kamu juga bisa belajar bareng atau membantu teman yang kesulitan belajar. Kadangkala, mengajar orang lain adalah cara terbaik untuk belajar.

Lengkap sudah 5 tips untuk meningkatkan nilai TOEFL. Percuma baca tips-tips ini jika tidak dipraktekkan. Dan sangat penting untuk menetapkan target nilai yang ingin diperoleh. Semakin besar targetnya insya Allah semakin besar motivasi belajarnya. Sukses buat kalian semua. Aamiin J
Surabaya
20 Syafar 1434 H

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom dibawah ini cukup kan untuk menampung kata-kata inspirasimu? ^_^